Monday, December 21, 2009

BIKIN YM di BloGGer .....or FACE BOOK.....

gw punya blog di Blogspot. GW ingin pengunjung blog saya bisa chatting dengan saya lewat Yahoo! Messenger. Mungkinkah?

Untuk keperluan itu kita bisa memanfaatkan fitur Pingbox yang disediakan Yahoo!. Lewat Pingbox, kita akan mendapatkan kode yang harus kita pasang di blog, profil Friendster, atau website kita.

Berikut ini cara membuat Pingbox:
  1. Akseslah http://messenger.yahoo.com/pingbox/studio/
  2. Pilih Background Theme sesuai dengan preferensi kiat
  3. Di kolom Display name, masukkan nama yang akan kita tampilkan. Contrenglah opsi Show Yahoo! Messenger display image jika kita ingin menampilkan gambar yang sekarang muncul di YM kita.
  4. Pilihlah salah satu ucapan selamat datang di kolom Online Greeting, atau pilih Enter custom message jika kita ingin membuat sendiri ucapan itu.
  5. Pilihlah salah satu pesan bahwa kita sedang tidak online di kolom Offline message, atau pilih Enter custom message jika kita ingin membuat sendiri ucapan itu.
  6. Contrenglah opsi Require visitors to enter Nickname to send IM agar setiap orang yang mengirim pesan ke kita diwajibkan mengisikan nama aliasnya (nick name)
  7. Pada kolom Save Pingbox as, tulislah nama Pingbox kita. Misal, jika pingbox yang kita bikin sekarang ini akan dipasang di blog, berilah nama Pingbox Blogger atau sesuka anda.
  8. Tekan tombol Save
  9. Akan muncul windows bar. Masukanlah Yahoo! ID dan passwordnya, lalu tekan tombol Sign In. Windows itu akan menutup sendiri.
  10. Akan muncul kotak berisikan kode yang harus kita pasang. Untuk mendapatkan kode yang pas sesuai peruntukannya, pilihlah jenis blog atau website kita. Misal, jika kita ingin mendpatkan kode untuk Blogger maka kliklah logo dan tulisan Blogger yang tersedia.
  11. Tentukan ukuran kotak yang kita inginkan. Sangat disarankan untuk memilih opsi Recommended.
  12. Tekan tombol Copy to clippboard. Selesai.
Tahapan selanjutnya kita harus menyisipkan kode tersebut di blogger, Login ke Akun Blogger anda.
  1. Klik link Tata Letak di bagian Dashboard.
  2. Klik Tambah Gadget.
  3. Pada lajur HTML/JavaScript, kliklah ADD TO BLOG.
  4. Pada kolom Judul, Tulislah judul yang kita mau. Misal: CHATBOX.
  5. Sisipkanlah (paste) kode yang sudah kita salin ke kolom Konten.
  6. Tekan tombol Simpan.
Selesai